Jumat, 06 Mei 2016

Banana Sponge Cake - sponge cake pisang


Erssa dioleh-olehin pisang ambon lumut sama julaknya, ukuran pisang yang besar-besar buat erssa makan satu saja sudah kenyang. Biasanya kalo pisang mas bisa bolak balik, tapi ini sehari satu aja cukup hihihi. Karena itulah pisangnya dah keburu matang banget, bintik-bintik hitamnya sudah  keluar semua dan tiba-tiba ingat sama deskripsi resep banana sponge cake nya teh Ricke. Langsung deh meluncur ke dapur eksekusi. Erssa sempat keberatan pas tahu mommynya mo bikin kue pake pisangnya, tapi setelah dijelaskan kalo pisangnya sudah ga kokok dipegang,erssa pun ngerti ( he loveeees banana)

Cakenya lembut dan ternyata besar juga lho untuk ukuran cake dengan 4 telur. Ga nyangka pisang yang setengah kilo itu ga bikin cake bantat. Sejauh ini tiap nyobain resepnya teh Ricke selalu sukses dan cocok di lidah. Kuncinya patuhi resep jika ingin modifikasi pertimbangkan komposisi bahannya juga biar ga gagal dan nyalahin resepnya.

Cake ini bikinnya pas malem hari nah masalahnya erssa ga mo makan,maunya kue ajah. Setelah tawar menawar, erssa janji bakal makan nasi setelah makan kue sepotong. Well, setelah makan nasi juga erssa minta kue lagi hihihihi. Then the story goes sampe paginya minta sarapan kue aja katanya..hadaaaaah tetap makan nasinya cuma ga abis, katanya kenyang (iyalah makan kue dulu gimana ga kenyang) tapi ga berapa lama, eh dia sudah bawa piring kecil lengkap dengan sepotong kue (yup..dia ambil sendiri di atas meja karena kue emang sudah dipotong-potong beberapa)



Tekstur cakenya lembut



BANANA SPONGE CAKE
Modified by Mommy Erssa
Source : Ricke Indriani

500 gram pisang ambon lumut yang matang benar
50 ml susu cair, suhu ruang
4 butir telur 
80 gram gula pasir
100 gram palm sugar
300 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
1 sdt baking powder
1 sdt emulsifier
1 sdt bumbu spekoek
1/2 sdm perasan jeruk nipis
200 gram margarin + mentega, lelehkan


Cara membuat:
1. Panaskan oven 170'C. Siapkan loyang bundt cake (tulban- yang bolong tengah) diameter 23 cm. Olesi dengan margarin dan taburi terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Hancurkan pisang hingga lumat dan lembut beri perasan jeruk nipis agar lumatan pisang tidak berwarna coklat. Sisihkan.
3. Ayak terigu, maizena, baking powder dan bumbu spekoek Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir, palm sugar dan emulsifier hingga mengembang dan kental sekali 
5. Turunkan speed mixer kecepatan terendah, masukkan campuran pisang, susu cair dalam 2 tahap.
6. Masukkan campuran tepung (terigu, maizena, baking powder dan bumbu spekoek) dalam 3 tahap
7. Matikan mixer, masukkan margarin leleh. Aduk merata dengan teknik aduk balik hingga adonan benar-benar homogen. Jangan ada margarin leleh yang belum tercampur rata.
8. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Hentakkan loyang dengan lembut ke meja 2x (untuk mengeluarkan jika ada gelembung udara yang terperangkap saat menuang adonan).
9. Panggang selama 1 jam atau hingga cake matang kecoklatan dan kokoh (sesuaikan dengan oven masing-masing). Test tusuk dan test sentuh permukaannya sudah membal.
10. Keluarkan dari oven, balikkan loyang untuk mengeluarkan cake. Dinginkan. Potong-potong dan sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar