Senin, 10 April 2017

Bolu Kukus Gula Merah




Kepikiran banget pengen makan apam cowe khas Manado/Ternate/Tidore. Sejenis apam pakai gula aren yang warnanya coklaaat banget, cetakan daun pandan yang gede-gede trus dimakan pake kelapa parut yang mengkal...aw rasanya heaven on earth. Waktu di tidore, jajanan  ini di jaja keliling tiap pagi jam 6.30-7.00 dan masih anget, di tampah, suka beli banyak abis enak banget. Kue kampung yang bahan-bahannya ga macem-macem, belum kenal pemanis buatan, pengawet dll, masih alami semuanya, jadi rasanya makin warbyasah ! (Bahasa kekinian). Di rumah ada pohon pandan yang gede itu, dan ya bibitnya bawa dari tidore, nah mengolahnya ini yang belum nemu resep yang pas. Sempet nanya sama orang-orang tua, mereka ga pakai takaran, pakai feeling...nah lo susah banget konversinya. Berhubung apam cowenya entah kapan bisa dibikin, dan sebelum debay nya ileran (alesaaaan) jadi deh move on ke bolkus gula merah aja.




Apalagi pas lihat ig nya mbak Tintin Rayner yang bolkusnya ciamik, jadi penasaran, langsung bookmark resep dan cus eksekusi, tapi yup dimodif dengan penambahan santan,karena gula merah tuh cocok nya pake santen biar lebih nendang (imho sih). Trus penggunaan gula pasirnya dikurangi setengah. Hasilnya, manisnya pas, lembuuut, ga seret ditenggorokan, wangiiii...trus enak banget...seneng banget sama resep ini. Dulu pernah bikin versi eggless, enak juga  sih karena pakai santan, tp lebih lembut ini, tentu saja pakai kuning telur aja yang memang melembutkan kue. Dan alhamdulillah...tiap buat bolkus tipe mekrok gini pasti mekar sempurnaaaaah. Kuncinya di api yang besar dan kukusan yang sudah beruap banyak. Mau pake resep pake soda, non soda atau sejenisnya pasti tetap mekar merekah....kalo kata erssa "kue bunga-bunga brown mommy". Pas mateng ditungguin dingin sama erssa langsung santap dan bilang "mommy ini kue terenaaaak di dunia !" Katanya meniru dialog kevin di film robocar poli kesukaannya. Beneran saat mo dibawa buat bekal makan di jalan pas mo kunjungi nenekibu dan kakek yang lagi sakit dia keberatan, katanya ntar buat dia ga ada lagi, heeheheh setelah dijanjiin ntar mommy bikin lagi, baru deh mau  kue nya di share ke oma, nenek dan sodaranya yang lain heheheheh. Di bawah ini adalah resep hasil modifikasi, untuk resep asli bisa langsung cek ig nya mbak @Tintin Rayner 



Bolu Kukus Gula Merah
Source : Tintin Rayner
Modified by : Mommy Erssa

Bahan :

200 gr Gula Merah sisir halus
130 ml Air
3 helai Daun pandan
1/4 sdt Garam
65 ml santan instan kental
1/4 sdt Vanilla essence
2 butir Kuning Telor
1/2 sdt Soda Kue
25 gr Gula Pasir
1/4 sdt Baking Powder
250 gr Tepung segitiga/kunci
100 ml Minyak Goreng

Cara Membuat :

1. Didihkan air,gula merah,daun pandan, vanilla essence sampai larut. --- Saring kemudian sisihkan sampai suhu ruang.

2. Panaskan kukusan. Kocok kuning telor,  gula pasir Baking powder sampai pucat mengembang pakai mixer speed tinggi.

3. Masukkan secara berurutan : Air gula merah lalu campuran terigu dan baking soda sampai rata kocok dengan mixer speed paling rendah, masukkan minyak, kocok asal, matikan mixer, aduk pakai spatula.

4. Tuang dalam cup cake alas kertas, tuang hingga penuh, pakai cetakan cup cake yang kecil jadi 14 cup 

5.  Kukus selama 15 menit dengan api besar  dan beri jarak yg cukup antar cup sebaiknya tutup dandang dilapisi serbet, abaikan jika pakai klakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar