Jumat, 07 April 2017

Cheesy Naan Bread




It’s a very late post....tapi masih inget bikin ini pas lagi kepengen makanan India, kebayang resto queen’s tandoor di seminyak-Bali manggil-manggil..chicken tandoori nya..duh mana tiap nonton serial India, iya serial India..lagi ngikutin beberapa serialnya hihihihihihi dan mesti ada acara makan nya duh...*ngelap iler. Beberapa kali lihat bumbu garam masala di supermarket sayang expired datenya bakal abis dalam itungan bulan jadi males mo beli karena ga tiap hari bakal pakai ni bumbu kan?

Yah sudahlah....jadi bikin yang bahan-bahannya ada saja, bolak-balik mikir browsing sana sini akhirnya jatuh pada roti naan. Ini juga roti yang suka dipesan pas di queens’s tandoor, tapi bukan yang plain melainkan yang keju, langsung deh eksekusi. Makan ini sambil ngebayangin dicocol pake karinya. Ternyata satu rasep jadi 18 pcs roti naan dan dimakan 2 hari, erssa juga suka malah dibilang cloud bread hahahhaah. Dia habis 3 sendiri dalam sehari. Kejunya pakai campuran keju quickmellt dan cheddar. Sebenernya mo pake mozarella Cuma sayang mozarella buat pizza aja kapan-kapan hehehehe.



Cheesy Naan Bread
By Mommy Erssa

Bahan

1 sendok teh ragi instant
1 sendok makan gula pasir
Sedikit air hangat
Campur bahan diatas tadi, diamkan 5 menit
260 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1 sendok teh baking powder
3 sendok makan minyak zaitun (minyak sayur)
175 ml susu cair hangat
Keju mozarella atau cheddar quick melt.

Cara membuat

1. Campur gula pasir 1 sendok makan dan ragi. Beri air hangat diamkan 5 menit.
2. Campur semua bahan kering jadi satu. Kecuali garam beri cairan gula dan ragi, masukkan susu hangat sedikit demi sedikit uleni hingga kalis, beri garam
 masukan minyak uleni hingga kalis lagi.
3. Tutup dengan serbet. Diamkan 45 menit atau hingga mengembang 2x lipat
4. Setelah mengembang kempiskan. Bagi jadi 12 bulatan. Tutup dengan lap basah lg. Diamkan 30 menit.
5. Beri isian keju mozarella/cheddar, bulatkan kemudian Tipiskan dengan rolling pin. Tip : taburi tepung tempat menggiling dan atasnya dough sebelum di giling.
6.Masak dough di teflon tanpa minyak dengan api kecil dan ditutup pake tutup panci. Nanti dough akan melembung. Jadi gunakan tutup panci yang tinggi jangan yang ceper, bolak balik sekali saja, angkat tinggal dicocol pake kari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar