Minggu, 23 April 2017

Brudel Cake




Ini adalah cake yang seperti roti atau roti yang seperti cake. Brudel cake ini terkenal sekali di Manado. Nenekibu nya erssa kalo bikin hanya dengan 4 telur bisa jadi 3 loyang tulban ukuran 22 cm. Suka banget sama ini kue. Hanya saja belum pernah secara langsung liat nenekibu bikin nih kue. Apalagi resepnya itu masih pakai ilmu kira-kira. Luar biasa yah orang-orang dulu, bikin kue [ake perbandingan bahan saja cukup. Beberapa kali nanya emang dikasih tahu tapi ya itu pakai perbandingan...waduh repot dunk. Dulu waktu di bogor pernah bikin pakai resepnya teh ricke. Hasilnya enak sih cuman serasa masih seret ditenggorokan. Jadi berasa berat deh cake nya. Setelah itu ga pernah bikin lagi. Kali ini pengen bikin, mungkin mewakili perasaan yang juga galau.
Galau mikirin usia kandungan udah masuk 24 minggu alias 6 bulan tapi belum nemu dokter kandungan yang sreg. So far sejak awal di Manokwari udah konsul sama dokter Eko, he is the best in town. Ya terang aja dengan status ibu kota provinsi dokter kandungan di kota itu Cuma 3 orang. Dokter eko lah yang peling senior dari ketiganya dan konon paling care, selalu datang saat pasiennya melahirkan, bukan Cuma saat sc aja. Lumayanlah..sejak awal kontrol di dokter Eko terkesan, sempet bolak-balik waktu ngeflek dan bedrest seminggu. Saran dan pemberian vitamin juga treatmentnya sesuai harapan. Masalahnya hanya ngantrinya minta ampun (maklum the best in town J )Walaupun antrinya ga karuan, dan mas-mas yang jagain buku antrian bener-bener ga ramah, erssa dengan setia selalu nemani mommy dan papanya konsul. Alasannya simple “mau lihat adek di tv”.

Sekitar nah setelah 3 bulanan terbiasa dengan ritme dokter eko, kudu ke Jayapura. Nah the story begun. Banyak banget dokter kandungan di sini. Ada yang bilang dokter Apter, Suhartono, Daniel, Dokter Putu, Beberapa rekomen temen daaaaan semuanya buka praktek di daerah Abe dan Jayapura, malam hari pula. Terus jam berapa kudu dari sentani? Pulangnya?. Akhirnya putuskan kudu kontrol di faskes dulu sambil nyari dokter di daerah sentani yang ok. Kontak temen dokter umum, dokter Dian yang kebetulan kepala puskesmas sentani. Akhirnya direkomen bidannya, Bidan Dahlia. Kenapa di Puskesmas? Kenapa tidak? Beberapa alasan yang menyertai adalah : Jarak puskesmas yang kuran dari setengah kilo dari rumah memydahkan akses kalau sewaktu ada kondisi darurat saat malam hari atau pada waktu-waktu tidak biasa. Bidannya pun bisa on call. Kedekatan dengan kepala puskesmas sedikit banyak memudahkan segala birokrasi, untuk rujukan, saat kontrol dsb. Dibuktikan ga perlu pakai antri dan urus sana-sani, langsung ditangani bidannya. Kenyamanan, dalam hal ini nukan fasilitasnya tetapi orang-orangnya membuat nyaman, ini yang penting bagi psikologi  ibu hamil. Dan jangan salah kira, biar kata puskesmas, ibu hamil melalui rangkaian tes, seperti tes darah mulai Hb, malaria, HIV, Sipilis, ditanya riwayat suntik TT, Penyakit dan detail lain yang bahkan di dokter kandungan belum ditanyakan sebelumnya. Bagaimana asupan gizi keluhan, tips dan trik lain selama kehamilan diinformasikan dengan memadai. Pengetahuan yang tidak di dapat di dokter sebelumnya. 

Sambil seiring waktu akhirnya nyari-nyari dokter kandungan di daerah sentani, ada dokter Liliana dan Christian Maxi. Pas ke dokter Liliana, dokter belum datang, begitu pula asistennya katanya bisa jam 8 malam keatas. Waduh...akhirnya melipirlah ke dokter Maxi, nah dokternya ada dan cepet prosesnya. Yah sudahlah ke dokter Maxi walaupun kata dokter Dian, dokter Maxi sering keluar kota dan emang bener pas mo kontrol kali kedua dokternya di luar kota dan entah kapan akan kembali liburnya. Akhirnya nyari lagi dan taraaaa..dapet dokter Fanny. Sebenenya temen dulu pernah nyaranin dokter Fanny, katanya dokter cewek dan komunikatif, bener sih pas ngantri ramee banget. Sambil ngobrol sama ibu-ibu   yang kebetulan kontrol pasca lahiran. Dari ceritanya dia langsung lahiran di Rumah sakit, karena dokter Fanny lagi ga masuk ada acara keluarga (eng ing eng......) dan rumah sakit rujukannya penuh, akhirnya di rujuk di RSUD di sana sempet diitelantarkan katanya mo dinduksi tapi dicuekin karena emang pas pasien bersalin lagi banyak. Akhirnya melahirkan sendiri deh sampai susternya kebingungan. Hah? Apa emang kalo lahiran dokter ga dampingi? Ternyata setelah ngobrpl sana sini ma ibu-ibu memang bener. Di sini kebanyakan kalo lahiran langsung ke rumah sakit dan di tolong sama bidan atau suster yang disana. Pihak RS akan memberi tahu dokter yang bersangkutan via telepon saja atau jika ada keadaan darurat atau segera SC baru dihubungi dokternya. Nah loh ! semakin memperkuat deh untuk lahiran di puskesmas aja sama bidan Dahlia. Kalau nanti kudu dirujuk setidaknya udaj ada referensi dokter terakhir. Oh ya dokter Fanni lumayanlah, mau mendengarkan, dan jawab jika ditanya tidak seperti yang dibayangkan yang kata temen komunikatif banget. Tapi lumayanlah....Bagian menyenangkannya adalah erssa dengan setia temani mommynya kemanaaaa aja mo di puskesmas, ke dokter...dia exciting banget punya adek..dan sering banget ciumin perut mommynya sambil ajak adeknya ngobrol. 

Wow..ini ngomongin kue jadi curhat yang berkepanjangan, hihihihihi.
Balik lagi ke brudel cake. Cake ini akhirnya dibikin dengan padua resep pondcake hanya susu diganti santan dan diberi ragi. Dua bahan yang kudu jadi syarat nya brudel. Hasilnya yah seperti cake lembut dan ga seret tapi aroma rotinya ga nahan....apalagi diberi toppping kenari dan keju..belum lagi kejutan chocochips dan kismis di tiap potongannya. Juara dan favorit banget deh nih kue.


BRUDEL CAKE
By Mommy Erssa

Bahan biang :
1/2sdm Ragi instan
1/2sdt Gula pasir
50 ml  Air

Bahan :
200gr Margarin
125 gr Gula pasir halus
1/4sdt Essence vanila
4btr Telur
Santan instan kental 65 ml dilarutkan air 35ml (total 100ml)
300gr Tepung terigu protein sedang
20gr Susu bubuk
1sdt Baking powder
100 gr kismis dan chocochips

Topping :keju parut dan kenari yang cacah

Cara membuat :


1. Biang : larutkan ragi instan, gula pasir dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa dan mengembang.
2. Ayak tepung, susu bubuk dan baking powder.

3. Kocok margarin, gula pasir halus dan essen vanili sampai lembut.

4. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian campuran tepung terigu daan larutan santan dan dikocok perlahan. Masukkan ragi, kocok hinga rata, matikan mixer masukkan kismis dan chocochips dan aduk pakai spatula.

5. Tuang diloyang tulban diameter 22cm yang dioles margarin. Diamkan hingga mengembang hampir 2x lipat.

6. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar